Berbagi Informasi Pengetahuan dan Teknologi Islami

Hindari 5 Jenis Makanan Ini Saat Sahur dan Berbuka Puasa

Bismillahirahmanirrahim...
Assalamualaikum Sohibul Heekam
Kembali lagi admin Al-Heekam menyapa sohib semua, kali ini admin ingin berbagi mengenai makanan makanan apa saja yang seharusnya dihindari ketika bulan Ramadhan terlebih di saat sahur dan berbuka, sebagian orang mungkin terlena saat berbuka dengan menyantap berbagai jenis makanan, tapi tau gak sih sebetulnya hal seperti itu justru tidak baik dan dilarang Rasulullah? Di dalam sebuah hadits Rasulullah pernah bersabda
"Apabila berbuka salah satu kamu, maka hendaklah berbuka dengan kurma. Andaikan kamu tidak memperolehnya, maka berbukalah dengan air, maka sesungguhnya air itu suci"
Hadits ini menggambarkan kepada kita tata cara berbuka yang tidak berlebihan dengan mendahulukan memakan buah kurma ataupun cukup dengan segelas air baru disusul dengan makanan lainnya. Tapi tahukah sohib bahwa ada beberapa jenis makanan yang mesti dihindari sohib saat sahur maupun berbuka mau tau apa saja, ini dia.

ilustrasi buka puasa ~ kisahikmah.com



1. Makanan Goreng-Gorengan

Jenis makanan yang satu ini memang tak dipungkiri pasti menjadi menu berbuka sebagian sohib sekalian, tak dipungkiri admin juga sering berbuka dengan makanan satu ini. Entah karena jumlahnya yang banyak di kala itu, atau memang tergolong makanan yang mudah didapat yang jelas saat berbuka di meja makan sudah terhidang menu yang satu ini. Tapi ternyata terlalu banyak makan gorengan apa lagi di bulan puasa ketika berbuka atau pun sahur itu tidak baik. Mengapa? Karena ketika bulan puasa tubuh kita akan sulit mencerna makanan yang memiliki kadar minyak terlalu tinggi, sedang kita tahu sendiri gorengan yang garing dan renyah itu digoreng dengan kadar minyak yang sangat banyak. Selain itu menurut pakar gizi dan nutrisi, Prof Hardinsyah memakan gorengan terlalu banyak bisa mengakibatkan radang dan batuk serta resiko terkena serangan jantung koroner dan hipertensi.

gorengan ~ kayuagung.com

2. Makanan Terlalu Manis

Tak dipungkiri memang setelah seharian menahan lapar dan dahaga memakan atau meminum yang manis manis dirasa sangat cocok untuk menghilangkan dahaga. Eitss ternyata asupan makanan maupun minuman yang terlalu manis bisa juga bahaya sohib. Mau tau sebabnya? Nah ternyata pada saat kita berpuasa, kadar gula darah kita menurun, nah apabila kita langsung dalam satu waktu memakan atau meminum asupan yang terlalu manis kadar gula darah di dalam tubuh kita langsung naik drastis dan itu tidak baik bagi kesehatan. Nah ada baiknya jika sohib ingin berbuka dengan yang manis pilih rasa manis yang alami maksudnya dari buah buahan yang mengandung gula fruktosa bukan gula glukosa. Oleh karena itu makanya rasulullah menganjurkan berbuka dengan buah kurma.

makanan manis ~ viva.co.id

3. Makanan Yang Berlemak Tinggi

Nah ini nih yang penggemar daging pasti sulit melepas kebiasan memakan makanan dengan kadar lemak tinggi seperti jeroan, kulit ayam, santan, serta daging berlemak. Nah di bulan puasa sohib sekalian harus mengurangi kebiasaan makan makanan yang berlemak tinggi karena lemak memicu hormon insulin akan diproduksi berlebihan dan dapat mempercepat turunnya kadar gula dalam darah dan ini bisa membuat sohib sekalian cepat lapar.

makanan berlemak ~ kompas.com

4. Makanan yang Memiliki Bau Tidak Sedap

Yang ini jelas sangat tidak dianjurkan, mengapa? karena bisa menggangu orang lain? Lho emang bisa? Bisa dong, coba deh sohib makan jengkol atau petai pasti sesudahnya nafas sohib akan memiliki bau tidak sedap. Dan ini juga pernah disabdakan oleh rasulullah yang dalam haditsnya, seperti berikut ini
“Barangsiapa yang memakan bawang putih, bawang merah, dan makanan tidak sedap lainnya, maka jangan sekali-kali ia mendekati (memasuki) masjid kami, oleh karena sesungguhnya para malaikat terganggu dari apa-apa yang mengganggu manusia.” (HR. Bukhari dan Muslim)"
Nah jengkol dan petai itu di kiaskan serupa dengan bawang putih karena memiliki bau yang tidak sedap setelah disantap. So kalau terpaksa makan jengkol atau petai saat berbuka jangan tarawih di masjid ya sohib.. :D

jengkol dan petai ~ jadiberita.com

5. Makan dengan Berlebihan  

Nah yang kelima ini sebenarnya bukan jenis makanan sih :D tapi inilah yang sering terjadi, ya nggak? :D, coba sohib perhatikan biasanya ibu sohib pasti akan memasak dan menghidangkan berbagai jenis makanan dan entah kenapa ibu admin juga seperti itu? Ketika ditanya kenapa seperti itu, ibu admin juga tidak tahu, ibu admin berdalih bawaannya ingin masak banyak terus kalau bulan puasa :D. Hal ini justru diwanti wanti oleh rasulullah sebagaimana dalam haditsnya seperti berikut
"Tidak ada wadah yang dipenuhi anak Adam yang lebih buruk dari perutnya. Cukuplah anak Adam mengkonsumsi beberapa suap makanan untuk menguatkan tulang rusuknya. Kalau memang tidak  ada jalan lain (memakan lebih banyak), maka berikan sepertiga untuk (tempat) makanan, sepertiga untuk (tempat) minuman dan sepertiga untuk (tempat) nafasnya." (HR. Tirmizi)"
Bahkan di dalam Al Quran, Allah berfirman
"Makan dan minumlah, dan janganlah berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan.” (QS. Al-A’raf: 31) 
ilustrasi makanan berlebihan ~ health.detik.com

Jadi mulai sekarang makan yang sewajarnya aja ya sohib..
Nah itulah lima jenis makanan yang sebaiknya dihindari saat berbuka maupun sahur, Semoga dapat bermanfaat..
Wassalam..



0 Comments In "Hindari 5 Jenis Makanan Ini Saat Sahur dan Berbuka Puasa"